Teknologi Terbaru Abad Ke-21

Teknologi Terbaru Abad Ke-21Teknologi Terbaru Abad Ke-21 merupakan temuan dan inovasi yang di desain untuk mempermudah kehidupan manusia di setiap aspek.

Pergeseran signifikan sedang terjadi di lingkungan bisnis saat ini. Dengan berlalunya hari, kecepatan perubahan ini semakin cepat. Inti dari transformasi besar-besaran ini adalah teknologi, yang juga mengubah cara bisnis beroperasi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tren teknologi teratas untuk tahun 2021 yang semuanya sangat di antisipasi untuk membuat dampak yang cukup besar (beberapa sudah melakukannya) pada bisnis untuk tahun ini dan di tahun-tahun mendatang.

Teknologi Penting Terbaru di Abad Ke-21

1. Tren Konektivitas IoT

Teknologi Terbaru Abad Ke-21Semakin banyak orang bergantung pada Internet of Things (IoT) untuk kehidupan sehari-hari mereka. Pada tahun 2021, para ahli memperkirakan bahwa jumlah perangkat IoT yang terhubung di seluruh dunia akan lebih dari 10,07; pada tahun 2030, itu akan melampaui 25 miliar.

Dengan memperluas konektivitas Internet ke perangkat dan gadget elektronik biasa, IoT menawarkan berbagai manfaat seperti komunikasi dan interaksi mesin-ke-mesin, otomatisasi tugas sehari-hari, kontrol, lebih banyak informasi, pemantauan, penghematan waktu dan uang, efisiensi, dan kualitas keseluruhan yang lebih baik. kehidupan.

Baca juga artikel kami yang lain tentang Netbook Baru Paling Bagus yang Tampil di CES 2021

Berkat pemecahan masalah dan rekomendasi IoT yang cerdas dan prediktif, pelanggan akan sangat diuntungkan dengan mendapatkan pengalaman yang lebih kaya dari produk dan layanan yang mereka beli. Bicara tentang era baru komoditas cerdas dan sangat efisien—mobil self-driving, perangkat pintar (misalnya, sensor, speaker, termostat), sistem keamanan yang tangguh, dan banyak gadget futuristik sebelumnya yang kini menjadi kenyataan.

Sementara konsumen jelas mendapat manfaat dari orang-orang seperti Alexa, Google Home, dan Alexa dalam meningkatkan aktivitas sehari-hari mereka, bisnis adalah pemenang yang lebih besar karena inovasi besar-besaran yang dibawa oleh Teknologi Terbaru Abad Ke-21 seperti IoT ke meja.

Mengapa? Sebuah survei tentang manfaat IoT teratas bagi bisnis menunjukkan bagaimana teknologi ini dapat menghasilkan efisiensi bisnis/produktivitas yang lebih tinggi (25%), siklus inovasi yang lebih cepat (19%), pengurangan biaya (13%), peningkatan profitabilitas (11%), dan percepatan waktu ke pasar (9%).

Sumber: Transforma Insights (2020)

2. Tren Adopsi Robotika

Sudah menjadi rahasia umum di kalangan UKM bahwa mereka tidak mampu membeli robot yang besar dan kompleks karena teknologi ini tidak sesuai dengan ruang lantai mereka yang terbatas, memerlukan personel khusus untuk memprogram dan memeliharanya, dan terlalu mahal, dengan periode pengembalian yang terlalu lama untuk membenarkan investasi.

Tetapi generasi baru robot kolaboratif (atau “cobot”) mengubah permainan untuk produsen yang lebih kecil, membantu mereka bersaing secara lebih efektif, menawarkan peluang baru bagi karyawan, dan bahkan meningkatkan keselamatan pekerja. Pada 3Q 2020, lebih dari 2,7 robot industri telah beroperasi di bisnis di seluruh dunia.

Seperti tren teknologi lainnya, aplikasi robotika pada dasarnya menghilangkan batasan lama dari apa yang dapat dilakukan orang. Area pertumbuhan utama adalah inisiatif berani yang berkelanjutan ke dalam otomatisasi pabrik dan inovasi, yang telah menghasilkan hasil yang menarik untuk penerapan industri dan bisnis.

Penyedia layanan adalah salah satu pemimpin dalam otomatisasi tugas robot, memungkinkan karyawan untuk lebih fokus pada peningkatan pengalaman klien. Pelaku bisnis perhotelan mengerahkan robot untuk melakukan pengiriman kamar ke tamu di hotel dan resor dan bahkan sampai ke tempat tinggal mereka sendiri.

Ketika Teknologi Terbaru Abad Ke-21 seperti robot terus berkembang, robot dengan berbagai ukuran, bentuk, atau fungsi di buat untuk membuat hidup lebih mudah dan nyaman bagi generasi sekarang dan generasi mendatang. Saat ini, semua jenis robot sedang di rancang untuk mengatasi keterbatasan manusia, mengurangi beban kerja, dan memungkinkan manajer dan staf menghabiskan lebih banyak waktu untuk tugas-tugas bisnis utama.

3. Tren Transformasi AI & Kognitif

Dekade terakhir melihat peningkatan dramatis dalam volume data bisnis dan kemampuan komputasi, yang secara kolektif mendorong kemajuan AI besar-besaran. Bersamaan dengan ini adalah inisiatif global yang telah mendorong munculnya sistem kognitif yang dapat meramalkan, menyarankan, berpikir, dan belajar, mirip dengan yang di lakukan orang.

Dengan ratusan aplikasi dan masih terus bertambah, AI di puji oleh para pemimpin teknologi sebagai pengganggu teknologi terkemuka dalam beberapa tahun terakhir, hari ini, dan untuk jangka panjang. AI di tanamkan ke perangkat pintar, perangkat lunak, chip, dan produk lainnya. Ini juga muncul sebagai katalis yang kuat untuk perubahan dalam strategi bisnis dan bahkan untuk praktik perusahaan sehari-hari.

Pemahaman kita tentang apa itu AI hari ini kemungkinan akan berubah dalam beberapa tahun ke depan seiring dengan berkembangnya norma kecerdasan. Ketika AI semakin meningkatkan kemampuannya dan memperluas aplikasinya, teknologi komputer terkait seperti chatbots mencapai perilaku dan tindakan seperti manusia, seperti kemampuan untuk melaporkan kebutuhan konsumen dengan lebih cepat dan efisien, termasuk mengantisipasi apa yang mereka inginkan, dalam waktu yang sama. cara sebagai atau bahkan lebih baik daripada orang.

Sekitar 85% bisnis sedang mengevaluasi atau sudah menggunakan AI dalam produksi. CIO menganggap AI memiliki potensi untuk mengubah organisasi agar adaptif, di dorong oleh klien, dan mampu menciptakan dan berbagi intelijen bisnis lebih cepat daripada sebelumnya. Selanjutnya, AI di harapkan dapat memengaruhi kinerja industri dengan menambang data untuk membantu memperkirakan perilaku pelanggan, mendorong pembelajaran mesin, dan mengidentifikasi pola lingkungan.

Pada tahun 2020, pemanfaatan AI terus berkembang di seluruh industri terutama karena keuntungan besar yang di  bawanya ke meja. Manfaat ini termasuk efisiensi proses, pengambilan keputusan yang lebih baik, dan pengembangan produk dan layanan yang lebih efektif.

Sumber: Deloitte, State of AI in the Enterprise (2020)

4. Tren Analytics yang Ditingkatkan

Area penting lainnya di antara semua tren digital adalah analitik tambahan. Sejak beberapa tahun yang lalu, Teknologi Terbaru Abad Ke-21 yang kuat ini telah secara efisien memajukan analitik bisnis menggunakan pembelajaran mesin yang kuat dan mengintegrasikan kemampuan analitik seperti ilmu data, penambangan proses, manajemen data, persiapan data, manajemen proses bisnis, dll. Bahkan pengetahuan kami yang ada tentang alasan mengapa kami menggunakan intelijen bisnis kemungkinan akan berubah juga.

Ketika perusahaan memperoleh peningkatan operasional yang cukup besar melalui penerapan analitik tambahan, penyedia analitik dan teknologi data meningkatkan aplikasi perangkat lunak konvensional untuk meningkatkan penawaran produk dan layanan mereka melalui generasi baru kecerdasan bisnis dan solusi analitik.

Augmented analytics di rancang untuk membantu karyawan, terutama yang tidak terampil dalam data dan analitik, secara otomatis mendapatkan keterampilan yang di butuhkan untuk mengidentifikasi tren dan pola kunci lainnya secara ahli dalam kumpulan data besar dan membuat rekomendasi dan bahkan prediksi yang benar.

Inilah sebabnya mengapa sebuah penelitian menemukan bahwa 74% bisnis di seluruh dunia berniat untuk berinvestasi dalam teknologi baru, terutama alat BI seperti augmented analytics, untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi operasional mereka.

Dengan munculnya augmented analytics, hari-hari pelaporan santai tentang masa lalu telah berlalu dengan munculnya pembaruan langsung yang dinamis dan prediksi berbasis bukti tentang apa yang akan terjadi di pasar. Seiring dengan berkembangnya teknologi, platform belajar mandiri seperti augmented analytics juga akan terus berkembang seiring dengan semakin banyaknya data dan informasi yang kami terima. Dan itulah beberapa pembahasan tentang Teknologi Terbaru Abad Ke-21.