Game Menyuapi Pemainnya Dengan Pelajaran Sejarah

Game Menyuapi Pemainnya Dengan Pelajaran Sejarah

Game Dengan Pelajaran Sejarah – Sejarah adalah sisi dari kehidupan yang integral, dan banyak yang bisa didalami darinya.

Perjuangan dan usaha keras orang yang hidup di periode lalu adalah satu faktor yang dapat didalami oleh mereka yang hidup di jaman sekarang.

Lewat evaluasi sejarah, dapatkah diambil pesan, kepribadian, dan peraturan yang bermanfaat, dan menghindar kekeliruan yang serupa dan membuat hari esok yang lebih baik.

Game Ini Dengan Sengaja Menyuapi Pemainnya dengan Pelajaran Sejarah

Sejarah bangsa-bangsa besar di periode lalu adalah tonggak-tonggak berdirinya peradaban kontemporer. Beberapa hal sudah didalami beberapa arkeolog dari artefak dan warisan monumental yang lain untuk mengenali bagaimana leluhur manusia hidup beberapa ribu tahun yang lalu.

Baca Juga: Game Hebat Berpenampilan Anime

Bangsa-bangsa itu sudah membuat beberapa benda yang paling utama di kehidupan jaman saat ini: bangsa Sumeria ialah yang pertama kalinya memakai mekanisme tulisan untuk menulis transaksi bisnis perdagangan, orang Yunani ialah yang memakai koin dengan berat dan material yang terstandar untuk mempermudah perdagangan, dan orang Cina membuat porselen, dan peluang ialah yang pertama kalinya cetak buku secara masal memakai blok kayu.

Sejarah bangsa-bangsa besar seperti orang Mesir Kuno, Yunani, Cina Kuno, dan Romawi, dan bangsa-bangsa yang lain ialah beberapa titik pucuk dalam evaluasi mengenai peradaban manusia, dari langkah mereka hidup dalam sehari-harinya, berdagang, dan membuat budaya yang khas.

Beberapa hal yang dapat didalami darinya. Tetapi, umumnya angkatan muda jaman saat ini berasa jika sejarah ialah satu hal yang menjemukan, hal yang telah lalu, dan dengan begitu tidak berkaitan dengan kehidupan mereka.

Sejarah bangsa-bangsa besar ini memikat buat diangkat sebab dalam tiap bangsa, ada kekhasan tertentu yang memikat untuk didalami, dan banyak pelajaran yang dapat diambil dari banyak kebijakan yang diterapkan di bangsa itu.

Kecuali pelajaran kepribadian mengenai keutamaan usaha keras dan pengetahuan, pelajaran yang diartikan ialah bagaimana mengendalikan dan memiara sebuah bangsa, lewat cara memerhatikan aspek penting yang disebut nadi dari kerajaan itu, seperti perdagangan, pertanian, kesejahteraan rakyat, kemampuan yang lain, dan militer.

Ditambah lagi, ada sosok-sosok monumental yang dapat jadi panutan atau anutan, seperti filsuf Yunani Kuno atau kaisar Romawi Kuno. Disamping itu, dalam buku sejarah, nyaris tidak ada sejarah berkenaan bangsa-bangsa kuno ini: biasanya buku text sejarah yang digunakan di beberapa sekolah Indonesia cuman menguraikan sejarah Indonesia, dan sejarah dunia kekinian (seperti Perang Dunia I dan II).

Berbagai Permainan Yang Memiliki Jalan Cerita Tentang Sejarah

Buku sejarah sebagai fasilitas evaluasi semestinya mengikut perubahan jaman dengan mempertimbangkan perubahan kehidupan warga saat ini ini. Ditambah lagi, cuman sedikit gambar yang memberikan dukungan proses evaluasi sejarah bila dibanding dengan adanya banyak text yang ada; walau sebenarnya komponen visual bisa benar-benar menolong proses itu sebab dia lebih menarik serta lebih gampang dikenang dibanding berlembar-lembar text saja.

Buku text sejarah yang monoton ini adalah argumen kenapa ketertarikan pada pelajaran sejarah rendah di kelompok murid-siswi.

Bertentangan dengan argument yang menyebutkan jika “bermain game dapat membuat kamu bodoh”, ada banyak game yang malah bisa membuat pemainnya pandai – khususnya di bagian pengetahuan sejarah. Kecuali membahagiakan, beberapa game tidak malu untuk memberi pelajaran sejarah atau sejarah ke pemainnya, dengan cara yang tentu saja membahagiakan.

Ini dapat bagus sekali sebab pemain bukan hanya diberikan saja tetapi dibawa untuk turut turut serta ke kejadian monumental itu. Berikut 7 game yang sembunyi-sembunyi ‘menyuapi’ pemainnya dengan pelajaran sejarah.

  1. Keseluruhan War Seri

Sejak Creative Assembly melaunching Shogun: Keseluruhan War di tahun 2000, waktu itu seri Keseluruhan War mengolah ‘premis utamanya’ dengan benar-benar serius. Gabungan antara manajemen berbasiskan gantian dan pertempuran taktis real-time jadikan game replikasi bersejarah ini sebagai salah satunya nama besar di jenis taktis.

Seri game yang ini sudah bawa pemainnya ke banyak kejadian sejarah. Dimulai dari turunnya kekaisaran Romawi sampai Perang Napoleon, seri Keseluruhan War sudah mengulas banyak sekali perselisihan paling besar umat manusia.

  1. Brothers In Arms: Hell’s Highway

Brothers In Arms: Hell’s Highway mengikut cerita Seksi Lintas Udara ke-101 dalam operasi Pasar Garden di akhir Perang Dunia 2. Operasi itu, yang notabene adalah ketidakberhasilan, diperlihatkan secara sesuai kenyataan pada game ini. Pemain sendiri berperanan sebagai Staf Sargent Matt Baker yang pimpin regu namanya Baker Company.

Komponen terbaik pada game ini tiba dari bukti jika perselisihannya tidak diedit demikian rupa supaya lebih ‘bisa dimainkan’ berbentuk game. Kenyataannya, watak pemain yakni Matt Baker didasari pada veteran Perang Dunia 2 namanya Harrison C. Summers.

  1. L.A Noire

Berdasar di Los Angeles tahun 1947, L.A Noire adalah game yang memberi penglihatan menarik dari keadaan Amerika saat perang. Pada game ini, pemain berperanan sebagai Cole Phelps – veteran Mariner Pasifik di Perang Dunia 2, yang tergabung dengan kepolisian Los Angeles.

Perhatian pada detil pada game ini betul-betul luar biasa. Peta kotanya benar-benar tepat dengan beberapa tempat terkenal atau landmark yang dapat dijelajahi. Disamping itu, game ini ambil banyak ide dari kasus kriminil asli yang terjadi pada tahun 40-an dan memvisualisasikan apakah itu rasisme dan seksisme pada masanya.

  1. Company Of Heroes Seri

Company Of Heroes adalah seri game taktik real-time yang berdasar di Perang Dunia 2. Game pertama kalinya fokus pada pertarungan Normandia dan Pembebasan Paris, sesaat game ke-2 nya, berpindah konsentrasi ke Front Timur dan Tentara Merah Soviet. Seri game ini, secara tepat mengajar pemain berkenaan senjata dan strategi dari ke-2 segi perselisihan.

Model single-player campaign-nya bahkan juga memungkinkannya pemain untuk turut mengambil sisi dalam beberapa pertarungan PD2 paling populer. Ini nyaris sama dengan seri Keseluruhan War tetapi lebih menuju Perang Dunia.

  1. Red Dead Redemption 2

Red Dead Redemption 2 memvisualisasikan saat-saat paling akhir di Old West secara realistis. Berdasar pada tahun 1899, pemain mainkan Arthur Morgan, salah seorang anggota geng Dutch Van der Linde yang lari dari kejaran faksi berkuasa sesudah tindakan pencuriannya gagal.

Sesaat dunia pada RDR2 ialah fiktif, gampang untuk menyaksikan jika banyak posisi dan tempat keutamaan. Yang didasari pada tempat di dunia nyata. Bukan hanya itu. RDR2 menyentuh mengenai permasalahan sekitar rasisme, hak pilihan wanita dan penebaran peradaban, yang diakhir era ke-18 betul-betul terjadi.

  1. Kingdom Come: Deliverance

Kingdom Come: Deliverance adalah game replikasi benar-benar sesuai kenyataan dari Bohemia Era Pertengahan. Kota dan dusunnya didasari pada lokasi yang betul-betul berada di dunia riil, sesuai nama, tata susunan bangunannya dan letak.

Banyak figur dan kejadian sejarah dari kehidupan riil yang dimasukkan pada dalam permainan. Plotnya juga sejumlah besar berjalan sepanjang kejadian yang pernah terjadi di periode lalu. Secara singkat, Kingdom Come: Deliverance jadi salah satunya game replikasi era tengah paling “hidup” yang pernah dibuat.

  1. Assassin’s Creed Seri

Dari Yunani Kuno sampai London zaman Victoria, seri Assassin’s Creed tinggalkan tapak jejak untuk beberapa hal menarik dalam sejarah. Pada Assassin’s Creed, pemain mainkan game action-adventure stealth membahagiakan, yang ceritanya dibalut dalam “selimut sejarah “.

Dimulai dari Perang Peloponnesia sampai Revolusi Prancis, sebagian besar zaman atau kejadian penting monumental. Pernah ‘digambarkan ulang’ pada seri game garapan Ubisoft ini. Kerennya kembali, kematian dari beberapa figur besar di game ini. Disamakan dan persis sama dengan tanggal dan tempat meninggalnya di dunia nyata.

Demikianlah pembahasan menarik berkenaan game yang sembunyi-sembunyi menyuapi pemainnya dengan pelajaran sejarah. Kecuali tujuh game di atas, game apa yang menurutmu mengajar pengetahuan sejarah ke pemainnya?